Wisata Vietnam yang Paling Banyak Dikunjungi

43

Wisata Vietnam yang Paling Banyak DikunjungiDi antara banyaknya negara di kawasan Asia Tenggara, Vietnam merupakan salah satu negara yang paling direkomendasikan untuk tujuan liburan. Terutama untuk para wisatawan yang ingin berlibur dengan low budget, Vietnam adalah pilihan yang tepat. Meskipun bisa dikatakan sebagai destinasi wisata murah, bukan berarti Vietnam tidak memiliki pilihan tempat wisata yang seru dan menyenangkan.

Di seluruh Vietnam, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pilihan tempat wisata di negara tersebut juga beragam, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam. Banyak di antara tempat wisata tersebut menjadi favorit para wisatawan sehingga menerima lebih banyak kunjungan setiap tahun. Inilah beberapa destinasi wisata di Vietnam dengan pengunjung terbanyak.

Ha Long Bay

Ha-Long-Bay

Nama Ha Long Bay sudah sangat terkenal di Vietnam sendiri juga tersohor hingga luar negeri. Maka tidak heran jika destinasi wisata Vietnam ini selalu menjadi tujuan utama para wisatawan untuk menikmati liburan. Ha Long Bay bahkan dikategorikan sebagai salah satu keajaiban dunia dan oleh UNESCO ditetapkan sebagai situs warisan dunia sejak 1994. Dengan kepopulerannya, tempat wisata ini selalu menarik minat pengunjung.

Penduduk Vietnam mempercayai bahwa bangsa mereka berasal dari naga. Karena itulah, teluk tersebut diberi nama Ha Long yang dalam bahasa setempat berarti “naga yang sedang turun”. Terbentuknya teluk ini juga dipercaya tidak terlepas dari legenda naga yang menyelamatkan Vietnam dari bangsa penjajah. Nama Ha Long diberikan untuk mengenang kepahlawanan naga dianggap memberikan kehidupan pada masyarakat Vietnam.

Ha Long Bay terletak di Vietnam bagian utara yang berbatasan langsung dengan Cina atau berjarak 170 kilometer dari Hanoi. Teluk ini memiliki luas kurang lebih 1.500 kilometer persegi dengan garis pantai sepanjang 120 kilometer. Dengan 1600 batuan kapur yang berukir indah karena fenomena alam, wisata Vietnam yang terkenal ini memiliki pesona yang mengagumkan. Ditambah dengan bentang lautan dengan air berwarna toska yang segar dipandang.

Kota Tua Hoi An

Hoi An yang merupakan sebuah kota tua wajib masuk dalam daftar tujuan ketika di Vietnam. Kota tersebut tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menakjubkan, namun dulunya juga salah satu pelabuhan perdagangan yang penting. Dari pelabuhan itu, perdagangan antara Asia dan Eropa terhubung selama 17 abad. Setelah pusat perdagangan dipindahkan, Hoi An tetap menjadi kota tua yang menawan.

Baca Juga  5 Rekomendasi Kuliner Seblak di kota Bandung yang Wajib Kalian Coba

Predikat kota tua yang paling direkomendasikan sebagai destinasi wisata Vietnam bukan tanpa alasan. Kota Hoi An telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1999. Salah satu daya tarik dari kota tersebut adalah Sungai Hoi An yang menjadi tempat paling indah untuk menghabiskan malam. Museum, toko, dan pojok-pojok kafe menjadi tempat bagi para seniman untuk memajang karya mereka.

Kota tua Hoi An dipenuhi oleh bangunan-bangunan kuno nan unik dengan arsitektur khas Jepang, Cina dan Eropa. Menariknya lagi, bangunan di kota tua ini didominasi oleh warna kuning sehingga menjadi ciri yang membedakannya dengan kota lain. Warna kuning dipercaya sebagai lambang kemakmuran. Di antara bangunan-bangunan tersebut, terdapat jalanan-jalanan kecil yang biasa dilalui para pejalan kaki atau pesepeda.

Kompleks Monumen Hue

Vietnam memang penuh dengan pilihan tempat wisata yang keindahannya sudah diakui dunia. Termasuk Kompleks Monumen Hue yang juga ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Destinasi wisata Vietnam ini terdapat di kota Hue atau Vietnam Tengah. Kota Hue diketahui pernah menjadi ibukota Vietnam setelah keputusan raja pertama dari Dinasti Nguyen pada 1802. Ketetapan itu berlangsung hingga tahun 1945.

Kompleks Monumen Hue termasuk kawasan bersejarah yang terkenal dengan arsitektur yang menawan. Tidak hanya itu, kompleks monumen itu juga memiliki pemandangan landscape yang indah. Hindari untuk berkunjung ke monumen ini pada bulan Oktober sampai Desember. Pasalnya pada bulan-bulan tersebut, curah hujan cukup tinggi dan bisa mengganggu kenyamanan liburan.

Di Kompleks Monumen Hue, terdapat banyak spot menarik yang bisa dikunjungi. Di antaranya adalah menara, pagoda, sampai makam raja-raja. Dari menara, pengunjung dapat melihat panorama kota dengan lebih leluasa. Termasuk bangunan perpustakaan dan museum di kompleks ini membuktikan kejayaan Hue pada masa kerajaan Nguyen. Tempat wisata Vietnam ini dibuka setiap hari sejak pukul 8 pagi waktu setempat hingga pukul setengah 7 malam.

Hoan Kiem Lake

Dari ibukota Vietnam yaitu Hanoi, wisatawan wajib mengunjungi Hoan Kiem Lake atau Danau Hoan Kiem. Danau ini tepat berada di tengah kota Hanoi. Nama danau ini berarti returned sword yang ada hubungannya dengan legenda Raja Le Loi. Legenda tersebut menceritakan bahwa Raja Le Loi memiliki pedang sakti dari para dewa. Pedang tersebut dipakainya untuk melawan musuh dari Cina yang menyerang wilayahnya.

Baca Juga  8 Destinasi Wisata Malaysia Terbaik yang Harus Dikunjungi

Dari legenda tersebut juga dipercaya akhirnya Raja Le Loi mengembalikan pedang sakti tersebut pada Golden Turtle God yang tinggal di dalam danau. Maka sekarang pun masih bisa dilihat adanya kuil Golden Turtle di tengah danau. Di bagian sisi danau terdapat jembatan merah yang menghubungkan danau dengan kuil Ngoc Son. Saat ini, danau Hoan Kiem menjadi wisata Vietnam sekaligus pusat olahraga dan tempat pembelajaran alam bagi masyarakat Hanoi.

Pada pagi hari, sekeliling danau sering diselimuti kabut yang membuat suasana menjadi lebih romantis. Meski berkabut, banyak masyarakat setempat yang beraktivitas di sekeliling Danau Hoan Kiem saat pagi. Pada waktu tertentu dapat terlihat pertunjukan tari tradisional oleh para seniman lokal. Sekiling danau juga dipenuhi pedangan makanan dan minuman. Pada malam hari pun, tempat ini masih ramai pengunjung yang kebanyakan berasal dari luar negeri.

Marble Mountain

Marble Mountain atau gunung marmer merupakan salah satu destinasi wisata Vietnam yang terkenal. Lokasinya berada di kota Danang tepatnya di bagian selatan. Marble Mountain berupa sekelompok lima bukit kapur dan marmer. Kelimanya memiliki elemen yang terdiri dari logam, air, kayu, api dan bumi. Semua gunung memiliki sebuah pintu masuk berupa terowongan yang bisa menjadi akses untuk menuju puncak Gunung Thuy.

Selain mendaki Marble Mountain, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke desa batu yang merupakan tempat bagi para pengrajin produk marmer. Masih banyak tempat menarik lain di kawasan wisata ini, seperti Gua Am Phu yang merupakan gua terbesar dengan kisah misterius di balik kemegahannya.

Pengunjung juga dapat mendatangi beberapa bangunan keagamaan dan tempat suci di sekitar Marble Mountain. Salah satunya yaitu Tam Thai Pagoda yang terletak di Thuy Son. Bangunan kuil kuno ini dibangun pada tahun 1903 dan menjadi monumen nasional dan sebagai situs Buddhis.

Vietnam menawarkan pilihan tempat wisata yang sangat lengkap. Mulai dari wisata alam dengan panorama memukau hingga wisata budaya dan keagamaan yang bisa menjadi alternatif saat berlibur ke negara tersebut. Semua wisata Vietnam pasti seru dan mengagumkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.