5 Tempat Wisata Pekanbaru yang Kekinian

133

5 Tempat Wisata Pekanbaru yang KekinianDi pulau Sumatera, ada banyak kota terkenal yang bisa menjadi destinasi saat liburan. Kota seperti Medan atau Palembang mungkin sudah terdengar cukup populer. Namun cobalah sesekali bertandang ke Pekanbaru. Kota yang merupakan ibukota provinsi Riau itu juga tak kalah dengan dua kota terkenal lain di pulau Sumatera untuk urusan pilihan tempat wisata.

Pekanbaru bahkan tergolong sebagai kota dengan pilihan tempat wisata yang lengkap. Di sana, pengunjung dapat menemukan wisata dengan berbagai konsep yang berbeda. Pengujung dapat menikmati wisata alam dengan keindahan pemandangannya sekaligus belajar budaya dan tradisi warga setempat. Untuk semakin mengetahui potensi wisata di Pekanbaru, simak penjelasan dari beberapa tempat wisata kekinian berikut.

Wisata Alam Mayang

Alam Mayang

Rekomendasi pertama datang dari wisata Pekanbaru dengan tem ataman yaitu Wisata Alam Mayang. Taman rekreasi ini didominasi oleh tumbuhan berupa pohon-pohon tinggi yang menambah kesejukan. Pengunjung diizinkan menggelar tikar di bawah pohon dan menikmati waktu bersantai sepuasnya. Di beberapa bagian terdapat kolam yang menambah keindahan. Banyak pengunjung yang rutin datang ke taman rekreasi ini untuk menghilangkan penat.

Wisata Alam Mayang termasuk destinasi wisata yang cocok untuk keluarga. Sementara para orangtua menikmati suasana taman, anak-anak bisa mencoba berbagai wahana permainan yang tersedia. Permainan yang bisa dipilih meliputi bebek air, becak, kereta naga, banana boat, mandi bola, sepeda air, karpet ajaib, bogel dan lain sebagainya. Jika mau, orang dewasa pun juga bisa ikut menggunakan wahana permainan.

Di area Wisata Alam Mayang, terdapat pula panggung-panggung besar yang biasanya digunakan untuk menampilkan pertunjukan. Di sekitar taman juga sudah terdapat tempat-tempat makan yang menyajikan pilihan kuliner khas bercita rasa lezat. Jadi pengunjung tidak perlu repot membawa bekal makanan dari rumah. Wisata Alam Mayang ini bisa dikatakan sebagai pilihan wisata Pekanbaru yang lengkap.

Museum Sang Nila Utama

Beralih ke wisata di Pekanbaru yang mengusung konsep sejarah dan budaya, ada Museum Sang Nila yang bisa dikunjungi. Nama Museum Sang Nila Utama merupakan nama yang akrab bagi masyarakat Pekanbaru, namun nama asli museum tersebut sebenarnya adalah Museum Negeri Riau. Sejak mulai dibuka pada tahun 1990, museum tersebut sudah memiliki lebih dari 5000 koleksi sampai saat ini.

Baca Juga  Rekomendasi Pulau Sebagai Wisata Sulawesi  yang Sangat Layak Untuk Dikunjungi

Koleksi yang ditampilkan di museum ini meliputi naskah kuno, mata uang dan stempel kuno hingga beberapa jenis hewan yang diawetkan. Semua koleksi yang ada di tempat wisata Pekanbaru ini merujuk pada sejarah peradaban Melayu kuno di Sumatera. Pasalnya Riau merupakan pusat budaya melayu di Indonesia. Sehingga museum ini sengaja didirikan untuk menjaga dan melestarikan benda-benda budaya tersebut.

Nama untuk museum ini diambil dari nama Pangeran Sang Nila Utama yang merupakan penemu Pulau Temasek di tahun 1299. Sekarang pulau tersebut lebih dikenal sebagai negara Singapura. Sang Pangeran merupakan keturunan pasangan Sang Sapurba dan Wan Sundaria. Pengunjung bisa datang ke museum ini setiap hari mulai pukul 08.00-13.00 WIB tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S berdiri megah di pusat kota Pekanbaru dan menjadi ikon kota tersebut. Bentuk bangunan ini sangat unik karena menyerupai sebuah buku yang terbuka lengkap dengan pilar-pilar yang menyangganya. Perpustakaan yang berlokasi di Jalan Sudirman Pekanbaru ini diapit oleh dua bangunan penting, yaitu Bank Indonesia dan Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Jika dilihat dari jauh, bangunan Perpustakaan Soeman H.S seperti atap yang menyilang setengah lingkaran. Desain bangunan yang tidak biasa ini ternyata memiliki makna dan filosofi yang erat kaitannya dengan ajaran Islam yang melekat dengan masyarakat melayu Riau. Gedung ini terdiri dari enam lantai lengkap denga lift. Setiap lantai dari tempat wisata Pekanbaru ini memiliki ruang baca yang nyaman.

Dikatakan bahwa perpustakaan ini tidak hanya bangunan yang menyimpan ratusan ribu buku dengan berbagai genre. Perpustakaan Soeman H.S ini juga sekaligus menjadi tempat menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Bagian terluar gedung ini dilengkapi dengan kaca transparan. Sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan indah kota Pekanbaru di luar gedung terutama dari lantai yang paling atas.

Arboretum Universitas Riau

Universitas Riau

Destinasi wisata Pekanbaru ini terdapat di dalam area Universitas Riau. Posisinya diapit oleh gedung Gasing dan fakultas perikanan dan gedung rektorat. Untuk memasuki Arboretum Universitas Riau, pengunjung bisa melalui pintu utama yang berada di jembatan kupu-kupu di sekitar gedung rektorat. Setelah melewati pintu utama, pengunjung akan menyeberangi jembatan kayu yang nantinya mengarahkannya ke waduk milik fakultas perikanan.

Baca Juga  Situs Wisata di Korea Bersejarah Warisan UNESCO

Di Arboretum Universitas Riau, pengunjung dapat melihat koleksi tanaman dari seluruh penjuru Riau. Di dalamnya juga terdapat fauna seperti babi hutan dan monyet yang berkeliaran pada waktu tertentu. Arboretum ini dibangun sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa namun kemudian difungsikan juga sebagai tempat penangkaran flora dan fauna sekaligus sebagai obyek wisata.

Arboretum Universitas Riau yang sudah menjadi wisata Pekanbaru untuk umum memungkinkan pengunjung dapat melihat hutan sekunder yang masih asri. Pada waktu tertentu, pengunjung juga dapat menjumpai hewan yang aktif mencari makanan. Meskipun tidak seluas hutan asli, Arboretum ini bisa dijadikan spot foto tanpa harus jauh-jauh ke hutan atau gunung. Di luar area ini, pengunjung dapat membeli makanan yang dikual di kantin fakultas perikanan.

Citraland Waterpark

Apabila ingin berlibur dengan menikmati wahana air sepuasnya, sebaiknya datang saja ke Citraland Waterpark. Taman air di kota Pekanbaru ini menjadi tujuan wisata favorit bagi keluarga saat liburan. Citraland Waterpark dibangun di atas tanah seluas 1 hektar. Maka tidak heran jika fasilitas dan wahana permainan yang ada di tempat wisata ini sangat lengkap dan beragam.

Pengunjung dapat menikmati 3 seluncuran utama yaitu funny slide, family slide dan body slide yang langsung mengarah ke kolam. Kolam renang yang tersedia juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk berenang bersama keluarga. Bagi yang tidak ingin bermain di wahana air, ada gazebo yang di tepi kolam yang bisa dijadikan tempat bersantai. Sebaiknya datang saat cuaca sedang cerah agar kesenangan tidak terganggu oleh hujan.

Taman air yang terkenal di Pekanbaru ini termasuk destinasi wisata keluarga yang murah meriah. Dengan semua fasilitas yang ada, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp30 ribu per orang di hari biasa dan Rp40 ribu per orang saat hari libur. Pada hari Selasa, tempat ini ditutup untuk proses maintaining. Pengunjung bisa menikmati semua wahana di Citraland Waterpark mulai jam 09.00 hingga jam 18.00 WIB.

Banyak sekali pilihan wisata Pekanbaru yang kekinian. Tidak hanya cocok untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu, tempat-tempat wisata di Pekanbaru juga indah untuk diabadikan dalam foto. Jangan sampai terlewat memasukkan tempat-tempat wisata di atas dalam daftar kunjungan saat berada di Pekanbaru dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan. Dapatkan lebih banyak lagi informasi lain hanya disini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.