5 Wisata Jogja Bernuansa Alam, Cocok untuk Menenangkan Diri

Wisata jogja
Wisata jogja

5 Wisata Jogja Bernuansa Alam, Cocok untuk Menenangkan DiriYogyakarta disebut daerah istimewa karena masih menganut sistem pemerintahan kesultanan. Keistimewaan Yogyakarta juga tampak dari keramahan penduduknya serta banyaknya budaya dan tradisi yang masih terjaga hingga saat ini. Yogyakarta dengan semua keistimewaan yang ada membuat banyak orang selalu rindu untuk mengunjunginya.

Yogyakarta juga punya banyak tempat indah yang menjadi destinasi wisata. Bahkan Yogyakarta menjadi kota wisata yang paling populer di Indonesia. Wisatawan yang datang tidak hanya berasal dari dalam negeri tapi juga berasal dari luar negeri. Ini membuktikan bahwa Yogyakarta memang selalu menjadi daya tarik wisatawan dengan banyaknya pilihan tempat wisata. Salah satunya adalah wisata alam yang bisa menjadi tempat untuk menenangkan diri.

Read More

Hutan Pinus Mangunan

Mangunan

Jika mendengar nama hutan, mungkin sebagian orang akan teringat pada tempat yang dipenuhi pepohonan lebat, minim cahaya dan berkesan mengerikan. Namun anggapan itu tidak akan ditemui pada Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini didominasi oleh pohon pinus yang tumbuh tinggi menjulang. Bukannya terkesan gelap dan seram, hutan pinus yang termasuk destinasi wisata Jogja populer ini justru bisa membawa ketenangan.

Hutan Pinus Mangunan terletak di kabupaten Bantul, 24 kilometer dari pusat Yogyakarta atau bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Pohon pinus yang tumbuh berjejer menjadi pemandangan utama dari tempat wisata ini sekaligus sering dijadikan latar belakang ketika berfoto. Di beberapa area juga bisa ditemukan tempat duduk dari kayu yang dihubungkan di antara dua pohon yang berdekatan.

Tidak hanya pohon pinus saja yang menjadi spot foto menarik di Hutan Pinus Mangunan. Pengunjung wisata Jogja ini juga dapat melihat panggung kayu lengkap dengan bangku penonton yang juga terbuat dari kayu. Terdapat pula gardu pandang sekaligus tempat untuk menikmati pemandangan. Kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan juga telah dilengkapi fasilitas yang memadai, seperti toilet dan mushola.

Taman Sungai Mudal

Beralih ke kabupaten Kulon Progo, ada Taman Sungai Mudal sebagai salah satu obyek wisata alam yang bisa menjadi tempat untuk menenangkan diri. Dari pusat kota Yogyakarta, Taman Sungai Mudal bisa ditempuh dalam jarak 33,2 kilometer atau waktu perjalanan selama kurang lebih 1 jam. Akses untuk menunju tempat wisata ini juga cukup mudah dilalui dengan kendaraan bermotor.

Baca Juga  Tempat Wisata Sukabumi Mewah ala Sultan Tanpa Banyak Biaya

Diberi nama Mudal karena dulunya sungai tersebut berasal dari mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo. Mata air tersebut mengalir sepanjang tahun hingga bisa mencukupi kebutuhan air bersih warga sekitar melalui pipa-pipa. Aliran air jernih tersebut kemudian membentuk sungai yang sekaligus menjadi sistem irigasi. Seperti itulah awal mula hingga tempat wisata Jogja ini dikenal sampai sekarang.

Taman Air Mudal merupakan sebuah air terjun dengan tampungan air di bawahnya yang membentuk kolam. Pada kolam tersebut, pengunjung bisa bersantai sambil berendam dan berenang. Sekeliling kolam ditata sedemikian rupa dengan tanaman bunga hingga menyerupai taman. Sebelum memasuki area kolam, pengunjung bisa melewati jembatan kayu yang sekaligus bisa jadi spot berfoto.

Wisata Alam Kalibiru

Masih di kawasan Kulon Progo, ada satu lagi wisata Jogja bernuansa alam yang cocok untuk melepas penat, yaitu Wisata Alam Kalibiru. Tempat wisata ini bisa ditempuh dengan jarak 40 kilometer dari pusat kota. Kalibiru berdekatan dengan beberapa obyek wisata alam lainnya seperti Kebun Teh Nglinggo, Air Terjun Sidoharjo dan Waduk Sermo. Akses menuju Kalibiru memang cukup sulit sehingga dibutuhkan kendaraan yang kuat.

Wisata Alam Kalibiru memiliki fasilitas yang sudah lengkap. Di antaranya adalah tempat parkir yang luas, kios makanan dan penginapan. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas outbound dengan beberapa sarana yang tersedia. Terdapat pula menara pandang di kawasan wisata ini untuk dapat menikmati pemandangan dari ketinggian. Jika berkunjung di waktu yang tepat, pengunjung beruntung bisa menikmati pemadangan matahari terbenam.

Kalibiru sebenarnya merupakan hutan yang terletak di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini termasuk perbukitan yang subur sekaligus memiliki hawa sejuk yang cenderung dingin. Karenanya, pengunjung akan mendapatkan pengalaman berlibur yang menenangkan serta bisa memanjakan mata berkat keindahan panoramanya. Bahkan area wisata Jogja ini juga dibuka untuk perkemahan.

Air Terjun Kedung Pedut

Kabupaten Kulon Progo tidak pernah kehabisan pilihan tempat wisata alam yang seru sekaligus menenangkan. Selain dua destinasi wisata yang sudah disebutkan sebelumnya, Air Terjun Kedung Pedut juga harus masuk dalam daftar kunjungan. Air terjun ini bisa dijangkau dengan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah barat. Sebelum sampai di air terjun, pengunjung masih harus melewati perbukitan dan jalan penuh bebatuan.

Baca Juga  10 Hal Menarik yang Ada di Candi Borobudur Jarang Diketahui

Sesampainya di area air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan hawa sejuk serta aliran deras air terjun yang sangat dingin. Daya tarik dari air terjun ini adalah warna air yang sangat jernih, berwarna biru toska hingga putih bening. Keberadaan air terjun sebagai salah satu wisata Jogja terkenal ini dibuat seperti layaknya taman air tradisional dengan sarana berupa seluncur kayu, pancuran bambu dan lain sebagainya.

Meskipun berada di kawasan terpencil dan tersembunyi, fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut ini sudah lumayan lengkap. Pengunjung bisa menemukan mushola, toilet dan kamar mandi sederhana yang dapat dimanfaatkan. Terdapat pula warung makan di sekitara air terjun yang bisa menjadi tujuan ketika perut merasa kelaparan. Pihak pengelola masih terus berupaya mengembangkan area wisata ini untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung.

Pantai Siung

Beralih ke kawasan selatan dari pusat kota Yogyakarta yaitu kabupaten Gunung Kidul. Mendengar nama kabupaten tersebut pasti langsung teringat pada Pantai Parangtritis, pantai paling terkenal di Yogyakarta. Ternyata masih banyak pilihan pantai lain yang bisa jadi alternatif untuk menghabiskan waktu, seperti salah satunya Pantai Siung. Perjalanan dari pusat kota memang lumayan jauh yakni sekitar 77 kilometer atau 2 hingga 3jam waktu tempuh.

Pantai Siung di wilayah Gunung Kidul ini menjadi salah satu obyek wisata Jogja yang istimewa karena dikelilingi tebing-tebing tinggi. Hingga pemerintah Yogyakarta pun menetapkan area wisata ini sebagai lokasi panjat tebing sejak 2005. Di tahun itu juga sempat digelar ajang Asean Climbing Gathering yang diikuti 250 partisipan dari 65 negara yang membuat nama Pantai Siung semakin populer.

Selain panjat tebing, Pantai Siung juga menawarkan banyak aktivitas seru lain seperti camping dan hammocking. Aktivitas berkemah bisa dilakukan siapa saja baik dengan fasilitas tenda yang dibawa sendiri maupun memanfaatkan rumah panggung kayu. Sedangkan aktivitas hammocking bisa dilakukan dengan memasang hammock atau ayunan di antara tebing yang berdekatan.

Kelima kawasan wisata Jogja tersebut bisa menambah referensi pengunjung selain tempat-tempat wisata yang sudah terkenal lainnya. Tidak hanya mendapatkan ketenangan karena nuansa alamnya yang masih alami, berkunjung ke tempat tersebut juga bisa merasakan pengalaman seru yang tidak terlupakan. Dapatkan informasi terlengkap lainnya hanya disini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.