Wisata Jakarta
Wisata Jakarta

Wisata Jakarta yang Cocok untuk Dikunjungi bersama Keluarga

Wisata Jakarta yang Cocok untuk Dikunjungi bersama KeluargaSebagai ibukota Indonesia, Jakarta dikenal sebagai kota yang sangat sibuk. Selain menjadi pusat pemerintahan, Jakarta juga menjadi pusat industri, pendidikan dan perdagangan. Jakarta pun selalu diidentikkan dengan berbagai masalah seperti kemacetan, banjir dan masalah sosial lainnya. Namun di balik itu semua, Jakarta menyimpan keindahan yang patut dinikmati.

Jakarta dengan wilayahnya yang luas memiliki banyak pilihan tempat wisata. Banyak destinasi wisata di Jakarta yang ramah anak alias bisa dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya menawarkan kesenangan, beberapa wisata di Jakarta juga bisa menjadi ajang belajar serta sumber pengetahuan. Inilah beberapa pilihan tempat wisata di Jakarta yang harus dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Monumen Nasional

Monumen Nasional

Datang ke Jakarta rasanya tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke destinasi wisata yang sekaligus menjadi ikon ibukota Indonesia tersebut. Apalagi kalau bukan Monumen Nasional atau yang lebih sering disebut Monas. Monumen tersebut berupa sebuah tugu dengan tinggi 132 meter. Monas merupakan sebuah monumen yang dibangun sebagai peringatan yang sekarang menjadi tujuan wisata Jakarta paling populer.

Banyak orang berkunjung ke Monas untuk tujuan menikmati udara segar di hari libur. Namun Monas juga menawarkan wisata sejarah yang bisa menambah pengetahuan. Dengan membayar biaya tambahan pada tarif masuk, pengunjung dapat naik ke puncak Monas menggunakan sarana lift. Di dalamnya terdapat banyak pengetahuan mengenai sejarah Indonesia terutama pada masa penjajahan.

Area Monas dibuka untuk umum setiap harinya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Sedangkan pada hari Senin terakhir setiap bulannya, area Monas ditutup untuk umum. Bagian paling menarik dari Monas atau yang biasa menjadi spot foto adalah puncaknya. Dari kejauhan, puncak Monas yang berbentuk lidah api dan terbuat dari emas itu bisa terlihat dalam foto yang menjadikannya sebagai kenang-kenangan dari wisata Jakarta ikonik ini.

Taman Mini Indonesia Indah

Apabila belum punya kesempatan untuk berkeliling Indonesia, mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah bisa menjadi alternatif. Pasalnya taman ini disebut sebagai miniaturnya Indonesia dengan berbagai tiruan rumah adat dari Sabang sampai Merauke dalam ukuran lebih kecil. Dengan mengusung konsep pengenalan budaya Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah bisa menjadi tempat wisata edukasi yang bagus untuk keluarga.

Taman Mini Indonesia Indah merupakan wisata Jakarta dengan luas area mencapai 1,5 hektare atau 1,5 kilometer persegi. Tak heran jika di dalamnya banyak sekali spot menarik, seperti museum, beberapa jenis taman, beragam tempat ibadah, teater dan wahana edukasi lainnya. Untuk menikmati semua wahana menarik di dalamnya, pengunjung bisa dikenakan tarif yang berbeda-beda untuk setiap wahana.

Taman Mini Indonesia Indah yang sudah beroperasi sejak 20 April 1975 itu masih dibuka setiap hari. Khusus pada akhir pekan atau masa liburan sekolah, tempat wisata ini selalu penuh sesak oleh pengunjung. Meskipun tergolong tempat wisata legendaris, nyatanya Taman Mini Indonesia Indah masih tetap dinikmati hingga generasi terkini. Taman yang dikelola oleh pemerintah pusat ini menjadi tujuan wisata keluarga favorit sekaligus yang termurah.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Jakarta memang memiliki banyak tempat wisata ikonik yang salah satunya adalah Dunia Fantasi. Di tempat wisata Jakarta ini, pengunjung tidak lagi belajar sejarah atau budaya Indonesia melainkan meluaskan pengetahuan umum dari seluruh dunia. Dunia Fantasi terdiri dari beberapa area berbeda yang penyebutannya juga berbeda tergantung konsep yang diusung. Semua wilayahnya cocok sebagai sarana bermain dan belajar bagi anak-anak.

Salah satu area paling favorit di Dunia Fantasi adalah kawasan Eropa yang memungkinkan pengunjung berimajinasi layaknya sedang berkeliling di benua biru tersebut. Berbagai wahana permainan juga tersedia untuk menguji keberanian seperti Tornado dan Hysteria. Berkeliling Dunia Fantasi ini rasanya tidak cukup hanya dalam hitungan jam karena tidak akan puas sebelum mencoba semua permainan yang ada.

Dunia Fantasia tau Dufan menjadi tempat wisata Jakarta favorit keluarga. Tempat ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan dan hari libur. Harga tiket yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung waktu kunjungan. Ada jenis tiket reguler dan premium serta masih dibedakan berdasarkan waktu hari biasa atau akhir pekan maupun saat liburan. Dengan tiket seharga ratusan ribu per orang, Dufan dipastikan bisa memberikan kepuasan.

Kebun Binatang Ragunan

Sebagai kota metropolitan, Jakarta menawarkan hiburan yang lengkap. Tidak hanya bisa menambah pengetahuan tentang sejarah dan budaya, tempat wisatanya juga bisa menjadi tempat belajar tentang satwa. Tempat wisata yang dimaksud adalah Kebun Binatang Ragunan yang merupakan kebun binatang paling populer di Jakarta. Kebun binatang ini mulai dibuka sejak tahun 1966 dan memiliki area seluas 140 hektare.

Selain merupakan kebun binatang paling terkenal di ibukota, Ragunan juga diketahui sebagai kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini sempat mengalami beberapa kali perubahan nama sebelum namanya ditetapkan hingga sekarang ini. Bahkan Ragunan juga sempat berpindah lokasi dan juga mengalami perluasan wilayah. Ragunan sebagai wisata Jakarta populer sekarang sudah mendapatkan banyak tahap penyempurnaan.

Sebagai tempat para satwa, Ragunan memiliki banyak koleksi binatang langka. Di antaranya adalah orangutan, kakatua, gajah, anoa dan gorila. Koleksi satwa lain juga berasal dari berbagai jenis, mulai dari mamalia, aves hingga reptil. Dengan predikat sebagai kebun binatang legendaris, Ragunan sangat patut dijadikan tujuan wisata keluarga sekaligus memperkaya pengetahuan anak mengenai binatang.

Planetarium

Planetarium

Untuk memperkenalkan benda-benda angkasa kepada anak, Planetarium menjadi tempat wisata yang paling direkomendasikan. Planetarium masih berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, tepatnya di Jalan Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat. Destinasi wisata keluarga dan pendidikan ini juga sering disebut Teater Bintang. Di wisata Jakarta ini, anak-anak bisa belajar banyak tentang dunia astronomi melalui media simulasi.

Pengunjung akan disuguhkan pertunjukan dengan tema sistem tata surya. Selama 60 menit, pengunjung bisa mempelajari beragai fenomena angkasa, seperti terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari. Tidak cukup sampai di situ, pengunjung masih bisa mengikuti simulasi sebagai penjelajah kecil yang menjelajahi galaksi. Pengetahuan mengenai berbagai teori pembentukan alam semesta juga menjadi salah satu yang bisa dinikmati.

Untuk semua fasilitas dan sarana belajar yang tersedia, Planetarium termasuk tempat wisata yang sangat murah. Hanya dengan harga tiket masuk di bawah Rp10.000, anak-anak maupun orang dewasa bisa langsung masuk ke area Planetarium. Tempat wisata ini dibuka pada hari Selasa hingga Minggu. Setiap harinya baik hari biasa dan hari libur, ada sesi tertentu pertunjukan yang bisa diikuti pengunjung.

Tidak hanya identik dengan kesibukan dan masalah sosialnya, Jakarta ternyata memiliki banyak pilihan wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak. Beberapa destinasi wisata Jakarta yang telah disebutkan di atas bisa menjadi referensi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga saat liburan. Selain mendapatkan hiburan dan kesenangan sekaligus menyegarkan pikiran, mengunjunginya juga bisa memperkaya ilmu.

Baca Juga  11 Wisata Bali dengan Sejuta Pesona yang Tak Terlupakan

Check Also

Tips Backpacker Pemula Untuk Orang Indonesia

Siapa bilang butuh modal banyak untuk liburan? Jika kamu memilih menjadi backpacker, kamu dapat liburan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.