Tips Liburan yang Sering Kali Terlupakan dan Bahkan Mungkin Belum Pernah Anda Dengar

Tips Liburan yang Sering Kali Terlupakan dan Bahkan Mungkin Belum Pernah Anda Dengar – Merencanakan liburan bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi orang-orang karena liburan adalah waktu di mana seseorang bisa merelaksasi diri untuk mengisi ulang kembali tenaga. Akan tetapi, di tengah masa pandemi ini banyak hal yang dibatasi sehingga membuat kenyamanan dalam berlibur sedikit berkurang. Semuanya tidak menjadi masalah jika para wisatawan bisa memenuhi protokol yang ada.

Membawa alat makan, alat ibadah hingga alat kebersihan sendiri menjadi suatu keharusan ketika akan berlibur. Pemesanan tiket pun diupayakan dilakukan secara online supaya bisa mengurangi kontak dengan manusia lain. Untuk memasuki lokasi wisata, wisatawan akan diperiksa suhu hingga dimintai surat keterangan sehat atau surat yang menyatakan sudah melakukan tes swab antigen.

Di samping semua itu, ada beberapa hal lain yang patut diperhatikan namun sering kali terlupakan. Biasanya, seseorang terlalu fokus pada tujuan utama dan melupakan hal minor padahal tidak kalah penting. Ketika saatnya tiba, barulah sadar bahwa hal-hal tersebut belum dipersiapkan. Apa saja tips liburan yang sering terlupakan tersebut dan bahkan mungkin belum pernah didengar?

Selalu Siapkan Rencana Cadangan

Ketika merencanakan liburan, jangan hanya siapkan pakaian cadangan saja. Persiapkan juga rencana liburan cadangan karena banyak sekali hal tidak terduga yang bisa terjadi selama Anda berlibur. Misalnya saja, Anda sangat suka dengan tempat liburan yang dipilih sehingga memutuskan untuk memperpanjang liburan. Atau mendadak ada cuaca buruk sehingga kepulangan harus ditunda.

Adanya rencana cadangan bisa menghindarkan diri dari rasa panik, terutama jika rencana tidak berjalan dengan baik karena hal buruk. Untuk mendukung rencana cadangan tersebut maka persiapkan uang lebih untuk memesan kamar hotel atau memesan kembali tiket untuk pulang. Kejadian tak terduga seperti ini bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja.

Bawa Power Bank

Manusia di zaman sekarang ini tidak bisa hidup tanpa gadget. Gadget sudah seperti menjadi nyawa kedua. Apabila benda itu mati maka kehidupan seseorang seolah menjadi mati dan tidak bergairah. Jika tidak mau sampai itu terjadi maka tips liburan ini harus selalu Anda tanam dalam diri, bawa power bank sebagai pengisi daya cadangan ketika Anda sedang berada di perjalanan.

Selain itu, tidak semua tempat wisata menyediakan colokan listrik untuk mengisi daya gadget Anda. Sekali pun ada colokan listrik di tempat makan, tidak semua tempat makan mengizinkan pelanggannya untuk charging ponsel atau perangkat lainnya dengan bebas. Jika harus menunggu hingga sampai tempat penginapan, momen yang ingin Anda abadikan bisa saja terlewatkan tanpa pernah bisa terekam kembali.

Selain untuk mengabadikan momen, ponsel zaman sekarang juga terkait erat dengan kebutuhan internet. Apalagi sekarang semuanya hampir terkoneksi internet termasuk pemesanan kendaraan seperti taksi atau ojeg, pemesanan makanan hingga pemesanan penginapan maupun tiket ke lokasi wisata. Oleh karena itu tips liburan ini sangat berguna namun di saat bersamaan sering kali terlupakan.

Fotokopi KTP, Paspor dan Dokumen Penting Lainnya

Tidak ada yang berharap terjadi hal buruk ketika sedang berlibur. Akan tetapi, sebagai langkah pencegahan dan berjaga-jaga jika kejadian tersebut benar-benar terjadi maka Anda harus mempersiapkan fotokopi KTP, paspor, SIM dan berkas dokumen pribadi lainnya. Jika misalnya dompet Anda ada yang mencopet atau menjambret, meskipun tidak ada berkas aslinya Anda masih memiliki salinan untuk mengurus laporan atau check-in ke penginapan.

Jangan Terlalu Menyibukkan Diri dengan Mengambil Foto

Sebelum Anda menginjakkan kaki di tempat wisata, coba tanya kembali diri Anda sendiri, apa yang ingin dilakukan di tempat wisata tersebut. Menikmati lokasi wisata atau sekedar berburu foto saja? Jika Anda memang benar-benar ingin liburan usahakan jangan terlalu sibuk atau terlalu banyak mengambil foto karena itu akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk berburu tempat dan gaya saja.

Memang tidak salah mengambil satu atau dua foto selama di lokasi wisata sebagai bukti Anda sudah pernah datang ke tempat tersebut. Akan tetapi, jangan jadikan sepanjang waktu untuk bergaya dan mengambil foto saja. Nikmati waktu sebanyak mungkin menikmati tempat wisata dengan tujuan untuk relaksasi. Tips liburan ini tidak melarang Anda untuk mengambil foto hanya perlu membagi waktu dengan baik.

Gunakan Bantuan Online Maps untuk Membantu Merencanakan Perjalanan

Bantuan peta online bisa dikatakan sangat dibutuhkan ketika sedang membuat rencana liburan, terutama ketika Anda akan menjelajahi tempat baru. Anda bisa melihat setiap lokasi wisata yang berdekatan sehingga bisa membuat rute terbaik untuk berjalan-jalan tanpa perlu membuang waktu, dengan menentukan berapa lama akan ada di suatu lokasi dan berapa lama waktu perjalanan yang ditempuh.

Jangan Takut Bicara dengan Orang Asing

Berlibur ke tempat baru dan asing tentunya Anda akan menemukan berbagai macam orang. Akan tetapi, jangan sampai hal itu membuat Anda takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Tips liburan supaya semakin asyik dan menarik adalah dengan memberanikan diri berbicara dengan orang asing termasuk warga setempat. Siapa tahu Anda akan mendapat informasi berharga mengenai rute atau lokasi yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Hindari Musim Puncak Liburan

Bisa dibilang latah atau memang hanya waktu itu yang tersedia, banyak orang yang memilih berwisata ketika sedang hari libur dan puncak-puncaknya. Memang keputusan ini tidak salah akan tetapi jika yang Anda cari adalah kenyamanan dan ketenangan ketika mengunjungi tempat wisata maka hindarilah berwisata di hari-hari puncak liburan di mana biasanya tempat wisata penuh sesak.

Sekali pun di masa pandemi ini pengunjung sudah dibatasi, jika masa liburan tiba, intensitas pengunjung lebih tinggi dan menjaga jarak dengan pengunjung lain menjadi semakin sulit. Oleh karena itu, apabila ingin lebih leluasa selama berwisata jangan pilih di hari padat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan lebih banyak menikmati wahana atau tempat-tempat yang biasanya harus antre lama.

Selalu Bawa Botol Air Kosong

Selama berliburan, minum banyak air bukan sesuatu yang bisa dielakkan karena tubuh manusia membutuhkan air sebagai pengisi cairan tubuh. Akan tetapi, tidak selamanya Anda harus membeli minuman di lokasi wisata atau di jalan. Tips liburan supaya tetap hemat dan tidak kehausan di jalan adalah dengan membawa botol minum sendiri, baik berisi atau pun kosong.

Tak perlu malu untuk membawa botol minum atau tumbler sendiri, apalagi di masa pandemi saat ini. Anda bisa mengisi ulang botol tersebut dengan air minum yang disediakan gratis di penginapan. Atau isi juga dengan air dari water tap yang saat ini sudah tersedia di banyak tempat wisata. Apalagi jika Anda berlibur ke luar negeri, water tap jauh lebih mudah untuk ditemukan.

Hormati Adat dan Budaya Setempat

Tips liburan terakhir yang mungkin sebenarnya sudah Anda ketahui namun sering sekali dilupakan adalah untuk menghormati adat dan budaya wilayah setempat. Jangan sekali-kali berbuat sembarang yang melanggar karena sanksi yang diberikan bukan dari pihak berwajib atau kepolisian setempat. Anda bisa saja dikenakan hukum adat yang konsekuensinya terkadang lebih buruk dari hukuman negara.

Baca Juga  6 Cara Membuat Infused Water

Check Also

style batik pria modern

Batik Siswadhi Pranoto Dengan Gaya Modern Pilihan Anak Muda

Batik merupakan salah satu kerajinan tangan asli dari indonesia, dibuat dengan cara manual atau langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.