Liburan Tidak Harus Mahal, Kunjungi Tempat Wisata Hongkong Gratis Ini untuk Berlibur

104

Liburan Tidak Harus Mahal, Kunjungi Tempat Wisata Hongkong Gratis Ini untuk Berlibur! – Hong Kong memang sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Cina. Walaupun kecil, wilayah ini merupakan area metropolitan yang berkembang dengan sangat cepat dan memiliki populasi yang sangat padat. Banyak sekali orang-orang dari berbagai belahan dunia datang ke Hong Kong dengan berbagai alasan. Salah satunya untuk liburan atau berwisata.

Meskipun Hong Kong kecil tapi banyak sekali tempat wisata yang tersebar di hampir setiap bagian wilayahnya. Malah, ukuran tempat wisata tersebut bisa dikatakan besar dan luas seperti Disneyland Hong Kong, Museum Lilin Madame Tussaud dan lainnya dengan harga tiket yang lumayan menguras dompet. Tapi bagaimana jika budget yang dimiliki pas-pasan? Apa masih bisa menikmati tempat wisata di Hong Kong.

Jawabannya tentu saja bisa karena di Hong Kong masih banyak tempat wisata yang gratis alias tidak perlu membayar uang sepeser pun. Tidak perlu khawatir dengan kualitas hiburan yang ditawarkan karena tetap bisa memuaskan. Apalagi Anda sudah jauh-jauh datang, tentunya tidak boleh melewatkan berbagai tempat wisata Hong Kong gratis ini, bukan?

Museum

Museum

Untuk bisa masuk dan melihat berbagai patung lilin di Museum Lilin Madame Tussaud, Anda memang harus mengeluarkan biaya pembelian tiket. Tapi, ada banyak museum lain yang bisa dikunjungi secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Misalnya saja ada Hong Kong Museum of Art atau Museum Seni Hong Kong yang terletak di Salisbury Road, Tsim Sha Tsui.

Bagi pecinta seni kaligrafi, lukisan dan patung wajib untuk datang ke museum ini. Karya yang dipajang sebagian besar dari Cina dan Hong Kong, namun ada juga karya-karya yang berasal dari bagian negara lain. Meskipun saat ini museum ditutup sementara, karya seni yang dipajang di museum ini diganti secara rutin sehingga jika Anda datang berkali-kali maka bisa melihat karya yang berbeda-beda.

Selain Museum Seni, ada juga Hong Kong Heritage Museum yang merupakan museum terbesar di Hongkong karena mampu menampung hingga 6.000 pengunjung. Tempat wisata Hong Kong ini terletak di Sha Tin, dekat dengan sungai Shing Mun. Di museum ini Anda bisa belajar tentang sejarah, seni dan budaya melalui eksibisi dan program yang interaktif.

Baca Juga  11 Makanan Khas Daerah Yang Wajib Kamu Coba

Selain sebagai tempat eksibisi, museum ini juga memiliki teater dengan kapasitas 350 tempat duduk di mana biasanya diadakan pertunjukan opera Kanton, bincang-bincang dan sebagainya. Sehingga tidak mengherankan Anda bisa menemukan lebih dari 30.000 barang yang berkaitan dengan opera Kanton. Sama halnya seperti Museum of Art, saat ini Heritage Museum sedang ditutup sementara.

Distrik Wisata

Paul-Church-Hong-kong

Puas mempelajari berbagai karya seni dan sejarah dari Cina, Hong Kong dan Dunia di museum? Mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk berjalan-jalan di ruang terbuka dengan menyusuri distrik-distrik wisata di sekitar Hong Kong. Distrik-distrik ini pada awalnya memang bukan lokasi khusus untuk wisata Hong Kong. Akan tetapi, berkat sedikit perubahan yang diberikan, tempat-tempat tersebut cocok dijadikan salah satu destinasi wisata.

Distrik yang pertama adalah PoHo atau dikenal juga PoHo District yang melingkupi beberapa jalan, mulai dari jalan Tai Ping Shan, Po Hing, Tung, Sai dan Upper Station (Stasiun Atas). Wilayah ini bisa dikatakan masih merupakan kawasan wisata baru dan banyak didatangi oleh kaula muda di Hong Kong karena banyaknya berbagai kafe dan juga studio seni.

Untuk pengambilan foto, gunakan background lukisan jalanan atau mural dinding di sekitar PoHo sebagai latar foto Anda. Area yang dulunya merupakan kawasan tempat tinggal penduduk ini bisa Anda kunjungi kapan saja karena tidak ada jam tutup buka seperti museum. Namun alangkah baiknya jika datang di siang hari yang cerah supaya mendapatkan kualitas gambar terbaik.

Selain PoHo, distrik lain yang bisa Anda jadikan tujuan wisata Hong Kong adalah Sham Shui Po. Berbeda dengan PoHo yang lebih artistik dan sangat anak muda, kawasan distrik ini dikenal sebagai kawasan bagi para pekerja. Kawasan ini juga padat penduduk dengan warga yang sangat beragam, mulai dari keluarga imigran, pekerja dan lansia.

Karena kepadatan penduduknya inilah ada satu keuntungan atau kelebihan yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Di Sham Shui Po terdapat banyak toko yang menjual pernak pernik dengan harga murah yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Selain itu, banyak pedagang jajanan kaki lima khas daerah tersebut. Jika Anda beruntung dan jeli, Anda bisa menemukan toko yang menjual cemilan khas Indonesia.

Kuil dan Biara

wisata-hong-kong

Ketika datang ke Hong Kong, kuil merupakan salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi, terlebih lagi datang ke sini itu gratis. Ada beberapa pilihan kuil yang bisa dikunjungi dan memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi tempat wisata Hong Kong. Salah satunya adalah Kuil Man Mo atau Man Mo Temple yang terletak di antara PoHo dan Hollywood Road. Setelah dari PoHo, Anda bisa berkunjung ke kuil ini.

Baca Juga  Tempat Wisata di Purwokerto yang Ramai Dikunjungi Pelancong Saat Liburan

Man Mo Temple merupakan kuil kuno namun hingga saat ini bangunannya masih kokoh. Kuil yang didominasi warna merah ini sering dikunjungi, bukan hanya wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan mancanegara. Letaknya yang diapit dua gedung pencakar langit menjadikan kehadirannya sangat mencolok dan mudah untuk dikenali oleh setiap pengunjung.

Selama di kuil ini Anda bisa berwisata budaya dan melihat bagaimana orang-orang di kuil tersebut beribadah. Anda juga diizinkan untuk berfoto di kuil yang sudah berdiri semenjak tahun 1847 selama tidak mengganggu ketertiban dan ketenangan di dalam kuil. Adapun dibangunnya kuil ini adalah untuk menghormati Dewa Literatur (Man) dan Dewa Perang (Mo) sehingga tidak heran nama yang digunakan mewakili kedua dewa tersebut.

Selain kuil Man Mo, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata Hong Kong The Tian Tan Buddha atau The Big Buddha yang terletak di Ngong Ping, Pulau Lantau, Hong Kong. Patung Budha ini memang tidak bisa dikatakan sebagai kuil namun banyak penganut agama Budha yang mengunjungi tempat ini untuk beribadah juga, apalagi setelah berkunjung dari Biara Po Lin.

Patung perungu yang dibuat pada tahun 1993 ini merupakan sebuah lambang dari hubungan harmonis antara manusia dan alam, masyarakat dan agama. Dengan tinggi 34 meter dan bobot 202 ton metrik menjadikan patung Budha ini menjadi salah satu dari lima patung besar yang ada di kawasan Cina. Untuk sampai ke patung besar tersebut, pengunjung harus mendaki 268 anak tangga.

Tidak perlu mahal bukan untuk bisa melakukan wisata Hong Kong? Pastikan saja bahwa tempat-tempat yang Anda kunjungi ini sedang dalam jadwal buka. Namun karena adanya masalah pandemi, untuk saat ini Anda harus memikirkan kembali rencana berlibur Anda. Rencanakan saja terlebih dahulu semua tempat tujuan yang ingin didatangi dan segera realisasikan rencana setelah pembatasan ini ditiadakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.