in

Wisata Malaysia Fantastis Gunung Mulu Nastional Park

tempat wisata di malaysia yang paling asyik

Wisata Malaysia Fantastis Gunung Mulu Nastional ParkMalaysia merupakan sebuah negara federal yang memiliki 13 negara bagian. Ibu kota negara Malaysia berada di Kuala Lumpur, sedangkan untuk pusat pemerintahan federal berada di Putrajaya.  Negara Malaysia berada di dekat garis khatulistiwa, hal ini menyebabkan Malaysia memiliki iklim tropika. Penduduk negara Malaysia dalam kesehariannya menggunakan bahasa melayu, namun ada juga yang mengunakan bahasa Inggris.

Negara Malaysia terdapat beberapa penduduk dari kelompok etnik, seperti Tionghoa, Bumiputera, India, dan lain sebagainya jadi tidak heran jika di Malaysia juga kerap kali di temukan kebudayaan Melayu, kebudayaan Tinghoa, kebudayaan India, Kebudayaan Kadazan-dusun, kebudayaan Dayak, Bidayuh, Kelabit, dan lain-lainnya. Banyaknya kelompok etnik, membuat negara ini pun memiliki beragam kebudayaan yang dibawa oleh kelompok etnik masing-masing.

Malaysia memiliki gua terbesar di dunia, yakni wisata Malaysia gua Mulu dan gua Niah. Gua Mulu ini memiliki  daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Sehingga banyak wisatawan yang datang dan menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata yang cukup menarik. Gua Mulu ini berada di wilayah Serawak, gua ini mendapatkan julukan sebagai situs warisan dunia yang diberikan oleh UNESCO. Gua ini terdiri dari gua-gua dan beberapa tumpukan karst.  Ada apa saja sih di Gua Mulu ini, yuk simak ulasan singkat di bawah ini mengenai gua Mulu.

Wisata-Malaysia-1

Keindahan Panorama Gunung Mulu

Ketika berada di wilayah pegunungan tentu terdapat dua hal yang sering kali dilakukan banyak orang untuk menikmati panorama gunung ada yang mendaki, ataupu menjelajahi gua yang terdapat di gunung. Kebetulan gunung Mulu ini memiliki gua, jadi Anda bisa menghabiskan waktu dengan menjelajahi gua dengan pengaman yang sudah disediakan. Mendaki gunung Mulu ini sangatlah fantastis sekali, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Tebing-tebing karst yang menjulang tinggi bisa Anda temukan di sepanjang gunung ini. Tentu ini tidak bisa Anda temukan di gunung manapun. Pemandangan yang disuguhkan oleh gunung Mulu ini memberikan suasana segar yang indah, sebab di sela-sela  wisata Malaysia karst yang menjulang juga tumbuh tumbuh-tumbuhan yang segar.

Mendaki gunung Mulu sama dengan mendaki bebatuan yang ada, ya berbeda dengan pegunungan lainnya. Karena memang gunung mulu memiliki bentuk dan karakteritik yang berbeda dengan gunung-gunung lainnya. di sini terdapat bebatuan yang menjadi dasar gunung Mulu.

Keindahaan Dalam Gua Gunung Mulu

Keindahaan-Dalam-Gua-Gunung-Mulu

Tidak hanya bisa dinikmati dari luar saja, gunung Mulu ini bisa Anda nikmati dengan masuk ke dalam gua. Tidak kalah menarik, suasana yang ada di dalam gua atau dalam gunung Mulu ini sangatlah indah menawan. Sebelum masuk ke dalam gua Anda bisa menikmati suasana yang memanjakan setiap pengunjung yang datang, Anda bisa menikmati pesona mulut gua yang sangatlah menarik sekali. Tidak hanya itu terdapat juga kanopi-kanopu batu dan juga pepohonan rindang yang menambah nuansa eksotis tempat tersebut.

Tentu hal ini akan sangat menarik sekali wisata Malaysia untuk diabadikan. Ketika memasuki gua, Anda bisa melihat dan menikmati pemandangan dinding batu, stalakmit, dan stalaktit yang berada menghiasi dinding-dinding gua.

Saat mengunjungi tempat ini Anda akan ditemani seorang pemandu wisata yang akan menjadi penunjuk arah. Jadi Anda tidak sendiri selama perjalanan menjelajahi gunung Mulu ini. Gua terpanjang di dunia ini tentunya akan menambah pengalaman Anda dalam berpetualang di gunung. Hal menarik yang bisa Anda dapatkan di sini selain pengalaman yang menyengakan dengan menikmati pemadangan segar dan juga mempesona dari stalakmit dan juga stalaktit, Anda bisa menjelajah gunung serta menikmati wisata nasional yang lain yang berada menjadi satu di wilayah ini.

Menikmati keindahan wisata Malaysia bebatuan yang menjulang di sepanjang gunung Mulu ini tentu sangat mempesona sekali bukan. Tidak hanya menawarkan keindahan permukaan luar saja tetapi Anda juga bisa menikmati pemandangan di dalam perut gunung Mulu. Jangan lewatkan kesempatan ini jika Anda memiliki banyak tabungan dan ingin traveling dengan hal yang baru, tentu gunung Mulu ini menjadi salah satu rekomendasi yang sangat cocok sekali.

Rute Menuju Gua Gunung Mulu

Rute-Menuju-Gua-Gunung-Mulu

Terdapat beberapa rute yang bisa Anda lalui untuk menuju gunung Mulu ini, memang lokasi gunung ini sangat jauh dari perkotaan sehingga diperlukan waktu yang lumayan lama untuk menmepuh jarak yang cukup jauh. Untuk bisa mencapai sana, Anda bisa mengaksesnya melalui kapal ataupun dengan pesawat.

Jika Anda melakukan akses melalui kapan, Anda bisa menggunakan kapal dari Kuala Baram menuju Marudi. Dalam perjalanan menuju ke sana akan diperlukan waktu sekitar 3 jam.  Setelah dari kota Marudi, Anda lanjutkan naik kapal menuju Sungati Tutoh  wisata Malaysia yakni merupakan anakan dari sungai Baram. Kapal yang melewati sungai ini berangkat setiap siang dan kembali pada pagi harinya.

Anda juga bisa mengaksesnya melalui pesawat. Jika menggunakan pesawat Anda perlu menuju kota Miri. Dari sana Anda akan diterbangkan ke Mulu dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Memang melalui jalur ini lebih cepat dibandingan dengan menggunakan kapal yang memiliki jarak tempuh hingga 3 jam lamanya.

Setelah sampainya wisata Malaysia Taman Nasional gunung Mulu, Anda bisa memilih berbagai tempat wisata yang ada di sana, tidak hanya gunung Mulu saja atau gua gunung Mulu saja, tetapi masih banyak hal lain yang bisa Anda nikmati di sana. Untuk menjelajah setiap jalurnya akan ada pemandu wisata yang mendampingi perjalanan Anda selama di sana.

Biaya Masuk Wisata

Keindahan-Panorama-Gunung-Mulu

Taman Nasional Gunung Mulu ini termasuk murah sekali untuk tiket masuknya yakni hanya berkisar Rp33 ribu rupiah per orang. Namun, biaya ini hanya bisa digunakan untuk masuk saja, untuk menyewa perahhu Anda harus membayar lagi sekitar Rp180 ribu rupiah saja. Anda bisa melakukan perjalanan ini bersama keluarga dengan begitu perjalanan akan lebih menyenangkan, Anda bisa menikmati wisata Malaysia pemandangan gunung yang indah, hunting foto, dan lain sebagainya.

Memang jika dihitung dari awal pemberangkatan menghabiskan banyak uang, tetapi semua itu akan terbayarkan dengan pengalaman dan keindahan tempat wisata ini. menjelajahi gua terpanjang di dunia bukankah hal yang sangat seru sekali? Hunting foto ditengah stalakmit dan juga stalaktit yang sangat mempesona ini tentu menjadi pengalaman traveling yang menyenangkan.

Nah, itulah beberapa informasi singkat wisata Malaysia mengenai gua Mulu yang bisa Anda ketahui. Ketika berada di sana anda haruslah berhati-hati karena terdapat formasi karst yang keras. Memang sangat indah menikmati pemandangan gua dengan hamparan tebing-tebing menjulang yang sangat mempesona, hal ini yang jarang ditemukan ditempat wisata alam. Ketika berada di wilayah tersebut keamanan harus tetaplah di jaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi bagaimana? Apakan Anda tertarik untuk menghabiskan masa liburan Anda di Gua Mulu? Dapatkan informasi lebih lengkap hanya di sini.

Baca Juga  8 Destinasi Wisata Malaysia Terbaik yang Harus Dikunjungi

What do you think?

Written by admin

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0
Tempat Wisata Malaysia

4 Tempat Wisata Malaysia Paling Eksotis

7 Daftar Wisata Perancis yang Menarik untuk Disinggahi