Emak Kamu Penggemar Sinetron? Inilah Tips Buatmu

sinetron kekinian

Bagi-in – Emak kamu penggemar sinetron? Atau jangan-jangan hampir semua anggota keluargamu menggemari tayangan di televisi tersebut? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kesukaan orang termasuk mereka yang menyukai tayangan sinetron. Namun, terkadang kebiasaan sering mendengar atau bahkan ikut menonton sesuatu yang sebenarnya bukan konsumsi kita malah dapat berdampak yang kurang baik bagi orang bersangkutan. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan semua bentuk hiburan bahkan termasuk sinetron. Namun, alangkah baiknya jika kamu dapat mensiasati kondisi tersebut tanpa harus mengusik apalagi menyakiti orang lain, apalagi itu adalah emakmu sendiri yang punya hobi menonton sinetron.

Pengertian Sinetron

film sinetron

Sebenarnya, apa itu sinetron? Kepanjangan dari Sinema Elektronika dicetuskan oleh seorang dosen di Institut Kesenian Jakarta, Soemardjono. Dalam bahasa Inggris, istilahnya adalah Soap Opera alias Opera Sabun. Di Amerika Tengah atau Selatan disebut Telenovela. Durasinya dapat mencapai puluhan atau bahkan ratusan episode tergantung respons audiens. Berbeda dari Drama Korea, Jepang, China, atau Drama Barat yang sudah dibagi dalam beberapa seasons.

Nah, balik ke persoalan awal tadi, bagaimana jika emakku atau anggota keluarga di rumahnya ternyata penggemar berat sinetron? Tentunya tidak masalah, selama dapat ditegur jika volume-nya terlalu keras atau mengusik orang lain di dalam rumah. Namun, bagi kamu sendiri, ada beberapa tips yang mungkin patut dicoba.

Ketahui Jadwal Penayangan

Kenapa kamu harus tahu jadwal penayangan sinetron sedangkan kamu sendiri tidak pernah menonton apalagi menyukainya? Ada beberapa alasan yang akan membuatmu sadar kenapa seharusnya tahu jadwal penayangan. Misalnya saja, kamu jadi dapat menyesuaikan diri semisal ada tayangan televisi yang ingin kamu tonton namun berbarengan dengan jadwal tayang drama favorit emakmu.

Baca Juga  Budidaya Jamur Merang, Gunakan Cara Ini Untuk Para Pemula

Umumnya, drama sinema elektronik ini ditayangkan setiap hari. Hal ini yang kerap menjengkelkan bagi kamu yang terpaksa tidak dapat menonton acara televisi lain di jam yang sama. Oleh karena itu, kamu tetap harus tahu jadwal penayangan demi memudahkanmu menyesuaikan diri dan menghindari bentrok yang sebenarnya tidak penting-penting amat.

sinetron

Lakukan Aktivitas Lain

Coba lakukan aktivitas lain jika kamu tidak suka dengan sinetron. Bahkan kalau hanya mendengar suara adegannya pun kamu merasa jengah, hanya ada dua pilihan; pertama, pergi keluar rumah untuk sementara waktu, dan kedua; lakukan aktivitas lain. Ada banyak aktivitas seru yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu ketika hari-harimu diinvasi oleh drama televisi Indonesia. Contohnya dengan menonton film secara streaming, mendengarkan musik, atau membaca buku. Atur saja sesuai kenyamananmu sendiri. Dengan melakukan aktivitas lain, diharapkan kamu juga tidak akan merasa bosan dan dapat menikmati waktu-waktu terbaikmu di dalam rumah.

Jangan Sungkan Menegur

Jangan sungkan menegus jika tayangan sinetron itu ternyata di luar dugaan menyalahi norma atau katakanlah menganggu. Kamu dapat memberikan pengertian kepada orang yang menontonnya meskipun itu adalah emakmu sendiri. Tergantung kamu berani atau tidak, namun kalau kita membiarkan hal yang tidak beres dengan sengaja di depan mata berarti kita sama saja bertanggung jawab atas hal tersebut.

Saran Tontonan Alternatif

Kenapa tidak memberikan saran tontonan alternatif daripada sinetron? Toh, zaman semakin berkembang dan opsi tontonan hiburan pun semakin beragam. Lebih seru lagi kalau ternyata kamu dan seisi penghuni rumah dapat menggemari tontonan televisi yang sama. Hal itu dapat menghindari konflik yang meskipun tidak penting, tetapi jelas sangat menganggu stabilitas perdamaian sesama penghuni rumah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.