Jenis-jenis Jajan Pasar yang Selalu Ada di Pasar Tradisional

9

Bagi-in – Tidak hanya transportasi serta teknologi, pada jaman modern ini berbagai makanan kids jaman now tentunya bermunculan. Jika telah begini jenis jajan pasar juga semakin sulit untuk dicari. Promo jajanannya yang gemilang dahulu sudah tergeser dengan kuliner kekinian mayoritasnya menyajikan makanan kurang begitu sehat.

Meski demikian, jenis jajan pasar tersebut masih dapat kamu temukan apabila kamu mampir ke daerah pelosok-pelosok. Tidak sedikit tempat yang masih mempertahankan jajan pasar tradisional agar mempertahankan ciri khasnya. Selain jajanan pasar yang digadang sebagai jajanan sehat jika dibandingkan jajanan kids jaman now.

Jenis jajan pasar ini memiliki cita rasa yang enak bahkan enak diperut. Di bawah ini terdapat banyak jenis jajanan yang masih dapat kamu temui tetapi pamornya sudah mulai menghilang dan redup, hanya ada di daerah-daerah tertentu saja.

Klepon

jajanan Klepon

Klepon yang satu ini berbahan beras ketang dibentuk seperti bola kecil memiliki warna hijau serta disajikan bersama parutan kelapa. Bentuknya memang hampir sama dengan takoyaki, perbedaannya apabila takoyaki tersebut memiliki isi seafood, klepon isinya gula merah yang mencair. Biasanya paling dirindukan dri jenis jajan pasar yang satu ini yaitu sensasi gula pada setiap gigitannya. Rasa yang manis serta gurih kelapa parutnya membuat klepon ini menjadi salah satu jajanan pasar yang memiliki peminat cukup banyak.

Onde-onde

jajanan Onde-onde

Jajanan onde-onde di pasaran ini cukup banyak disediakan, bahkan dengan mudah dapat kamu temukan di kota-kota besar serta terkenal sekali di Mojokerto. Makanan yang satu ini berbahan dari tepung terigu dan isinya kacang ijo serta dibaluri oleh wijen. Rasanya yang manis serta gurih bercampur sehingga menjadi satu, tentunya jenis jajan pasar tersebut menjadikan primadona di jajanan pasar ini.

Baca Juga  Hebat! Handphone 1 Jutaan Kebanyakan Sudah Punya Fitur-fitur Ini

Lemper

jajanan Lemper

Makanan ini berbahan ketan yang biasanya menggunakan abon maupun cincangan ayam sebagai isinya. Dibungkus menggunakan daun pisang sehingga membuat rasa serta aromanya mantap sekali. Di Jawa, jenis jajan pasar kuliner lemper ini masih mudah untuk kamu temukan, biasanya disediakan untuk acara-acara tertentu misalnya hajatan pernikahan, dan lainnya. Makanan tersebut dapat dijadikan sebagai pengganjal perut sebelum beralih pada makanan berat.

Nagasari

jajanan Nagasari

Tepung beras serta santan merupakan bahan yang utama dalam pembuatan kue nagasari. Isiannya yaitu pisang kemudian dibungkus oleh daun pisang sehingga membuat aromanya semakin mengggoda. Sensasi rasanya yang manis serta gurih dar tepungnya menjamin akan membuat kamu ketagihan.

Dadar Gulung

jajanan Dadar Gulung

Dadar gulung dapat disebut pula dengan pancake. Bedanya, kalo dadar gulung pembuatannya digulung berdasarkan namanya, kalau pancake tidak digulung. Jenis jajan pasar dadar gulung ini isiannya yaitu kelapa parut yag sudah dimasak dengan gula. Rasanya manis serta gurihnya membuat tidak sedikit kalangan ketagihan memakannya.

Apabila jaman dahulu, jenis jajan pasar dadar gulung sangat identik luaran yang memiliki warna hijau. Seiring perkembangan semakin modern, dadar gulung yang satu ini hadir dengan berbagai warna yang unik, bahkan terdapat dadar gulung memiliki motif, menarik sekali bukan?

Cenil

jajanan Cenil

Jenis jajan pasar yang satu ini berbahan tepung kanji serta menggunakan parut kelapa dengan gula. Jajanan ini berasal dari Kebumen. Makanan cenil ini dapat disajikan menggunakan gula merah yang cair maupun dipadukan bersama ketan hitam. Meski tanpa adanya isian gula merah yang cair misalnya klepon, namun cenil tersebut tetap menjadi juara.

Selain beberapa jenis jajan pasar diatas, banyak lagi kuliner mulai tergeser oleh kuliner masa kini misalnya kue lumpur, pukis, putu bumbu dan lainnya. Sekarang bagi kids jaman now, meski teknologi memiliki perkembangan yang sangat maju, usahakan untuk tidak melupakan makanan kuliner khas tradisional. Selain kamu melestarikan jajan pasar di pasar tradisional dan khas daerah, jajanan tersebut sehat serta mempunyai nilai gizi tinggi.

Baca Juga  5 Inspirasi Desain Interior Untuk Rumah Baru Anda
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.