Masih Bingung Membedakan Genre Film? Inilah Caranya!

jenis genre film

Ada banyak genre film yang kadang malah terjadi crossover alias persilangan satu sama lainnya. Akibatnya, sebuah film dapat dikatakan memiliki lebih dari satu genre karena gabungan konsep dan gaya penceritaannya itu. Namun, kita tetap dapat mengidentifikasi genre film berdasarkan faktor-faktor yang dominan dan mendefinisikan bagaimana konsep dan gaya ceritanya.

Kenapa Ada Genre Film?

perbedaan genre film

Read More

Dengan adanya genre film, calon penonton akan lebih mudah mengidentifikasi tontonan apa yang sebaiknya dipilih. Dicantumkannya keterangan genre dalam review juga memudahkan kita mengenali jenis film sehingga dapat menghindarkan risiko salah menonton. Jelas bahwa persoalannya adalah pemetaan untuk mekanisme produksi dan distribusi yang lebih tepat sasaran. Berikut ini beberapa genre yang ada pada setiap film beserta penjelasan dari setiap genre yang ada :

– Action

Sebuah genre film yang selalu laris manis di bioskop. Ciri khasnya adalah rangkaian beragam adegan baku hantam, tembak menembak, dengan plot yang sangat sederhana, intinya mengalahkan musuh. Biasanya para pemeran utama menggunakan pemeran pengganti atau stuntmen untuk aksi-aksi berbahaya. Contoh dari genre ini adalah banyak sekali semisal Die Hard, Rambo, James Bond, dan lain-lain.

– Adventure

Sebuah genre film dengan tema utama petualangan biasanya dengan satu atau sekelompok karakter protagnonis. Film ini pun kadang bercampur dengan genre action atau genre lainnya. Contoh filmnya pun sangat banyak seperti King Kong, Charlie and Chocolate Factory, Narnia, dan lain-lain.

Baca Juga  Apa Itu Tempat Wisata? Apa Saja Jenis-jenisnya?

– Comedy

Tidak perlu banyak membahas genre film yang ini karena kamu pun pasti salah satu penggemarnya. Film jenis ini pun sangat laris manis di pasaran dan tidak pernah membosankan meski ditonton berulang-ulang.

– Crime and Gangster

Pernah nonton film dengan cerita seputar mafia atau sindikat dunia kriminalitas? Berarti kamu sudah pernah menonton genre film ini. Kadang dicampur dengan gaya action tetapi dengan balutan drama yang sangat kuat. Film-film semacam ini biasanya dibintangi oleh para aktor watak berpengalaman.

– Drama

Jenis genre film yang juga laris manis apalagi jika tema utamanya adalah percintaan. Ada banyak film drama yang memiliki segmentasinya masing-masing dan kamu pasti diam-diam juga menggemarinya.

– Horror

Meski sangat segmented, tetapi genre film ini pun banyak penggemarnya. Bagi kamu yang menggemari film horor, selalu ada sensasi dari rangkaian adegan yang tidak hanya menyeramkan namun juga mengejutkan. Kadang, kategori horor pun mencakup film dengan gaya thriller atau adegan-adegan sadis yang tentu bagi sebagian orang tidak mendapatkan tempat di hati.

– Epic

Film dengan tema sejarah atau yang menyerupainya dengan melibatkan banyak orang alias kolosal. Film ini sangat seru karena kita dapat menyaksikan kemegahan secara visual dan banyak orang yang terlibat di dalamnya.

– Musical

Gaya penuturan film dengan musik sebagai elemen utama dari awal dimulai scene hingga adegan terakhir. Para aktor dan aktrisnya pun turut menjadi elemen penting dengan peran tidak hanya berdialog tetapi juga bernyanyi.

– Sci-Fi

Film science fiction yang melibatkan tema kecanggihan ilmu pengetahuan dan seringkali masih di luar jangkauan pemikiran awam. Namun, film-film semacam ini pun masih dan makin laris di pasaran.

Baca Juga  Yuk Ikuti Cara Merawat Kura Kura Brazil agar Tetap Sehat

– War

Agak mirip dengan epic tetapi tema utamanya sangat jelas yakni peperangan.

– Westerns

Kalau kamu penggemar film-film koboy, maka inilah genre yang dimaksud. Dulu sempat jaya dan menjadi ikon industri film Hollywood.

Tentu saja masih banyak varian genre film yang berkembang sesuai zaman. Namun, semua yang disebutkan di atas setidaknya adalah jenis atau kategori yang umum dan sering jadi acuan menonton pada umumnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.