17 Desain Henna Pengantin dan Bahan-bahan Untuk Membuatnya

332

Henna pengantin – Hey ladies, kamu ingin tampil cantik di hari pernikahan? Selain memakai make-up, ada satu lagi yang nge-trend di kalangan para wanita, Henna!

Henna sendiri sebenarnya nama tanaman yang tumbuh di dataran Afrika Timur dan Asia Barat Daya, yang dalam bahasa latinnya disebut Lawsonia inermis L. Henna disebut juga dengan pacar kuku.

Mungkin untuk lain kesempatan saya akan menjelaskan tentang henna secara lengkap. Kali ini saya hanya akan memberikan motif-motif henna pengantin yang inspiratif.


Jenis-jenis Henna dan Perbedaanya


Terdapat dua jenis henna yang kita kenal, yaitu henna alami/natural dan henna pasta. Apa bedanya? yuk saya jelaskan..

  • Henna Natural

Henna natural dibagi lagi menjadi henna bubuk dan henna fresh. Untuk menggunakan henna bubuk, kita tidak bisa langsung memakainya di tangan atau kaki, perlu diracik dulu dengan campuran meso oil, minyak kayu putih, air lemon dan gula pasir. Setelah itu didiamkan selama satu malam atau istilah lainnya di fermentasi.

Kalau henna fresh adalah henna yang sudah diracik dan diramu dari pabriknya langsung, jadi kita tinggal pakai saja.

Warna yang dihasilkan dari henna natural akan keluar secara bertahap. Satu jam setelah perontokan warnanya masih orange, setelah seharian akan berubah menjadi warna merah dan jika sudah dua hari akan berubah lagi menjadi merah kecokelatan (sempurna). Warna pada henna natural akan bertahan selama kurang lebih 7 hingga 10 hari.

Perlu diketahui, harga henna natural dipasaran lumayan tinggi, namun akan sebanding dengan kualitas yang didapatkan. Henna natural tidak menimbulkan iritasi karena semua bahan yang digunakan alami.

Baca Juga  Rekomendasi Game Battle Royale Terbaik yang Ada di Android
  • Henna Pasta

Henna jenis ini yang banyak beredar di pasaran. Kemasannya dalam bentuk tube layaknya pasta gigi. Tidak seperti henna natural, warna henna pasta banyak macamnya. Ada yang merah, merah maroon, orange hingga hitam.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, saya sarankan jangan memakai henna berwarna hitam, karena mengandung para-phenylenediame (PPD), yaitu sebuah bahan coal-tar (cairan kental hitam yang dihasilkan dari destilasi arang batu bara), bahan ini bisa mengakibatkan kulit terasa panas dan gatal.

Warna yang dihasilkan oleh henna pasta hanya membutuhkan waktu 2 jam saja untuk membentuk warna yang sempurna. Namun, cepat juga warnanya pudar, apalagi jika sering terkena air. Harganya juga sangat terjangaku.


Bahan-Bahan Untuk Membuat Henna


Bahan-bahan di sini adalah untuk membuat henna bubuk, karena yang sudah saya jelaskan henna bubuk tidak bisa langsung dilukisakan ke tubuh, perlu ramuan tambahan lagi.

  • Henna bubuk

Yang pertama dan yang pasti kamu harus menyiapkan henna bubuk. Carilah yang teksturnya lembut agar nantinya bisa dengan mudah dilukiskan ke tubuh.

Satu lagi…cari yang msih fresh dan segar.

  • Meso Oil

Ini adalah minyak khusus untuk melukis henna. Fungsinya untuk melepas warna alami henna.

  • Minyak Kayu Putih
  • Air Lemon
  • Gula Pasir

Berikut ini saya sajikan 17 gambar henna pengantin yang bisa memberikan inspirasi dan imajinasi kamu.


Henna Pengantin India


Yang pertama adalah henna pengantin India. Desain-desian inspiratif di bawah ini saya ambil dari berbagai sumber di internet. Kamu bisa melihat betapa teliti dan kreatifnya henna artist dalam melukis gambar tersebut.


Henna Pengantin Simple


Untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan motif yang rame, bisa mengintip koleksi henna berikut ini. Desain ini menurut saya sangat simple namun tetap menampilkan nilai seni yang tinggi.

Baca Juga  Ikan Buntal Air Tawar : Jenis dan Cara Merawatnya

Tidak hanya di tangan, henna pengantin juga bisa dilukis dikaki. Wanita yang pada dasarnya memiliki bentuk kaki yang indah akan semakin mempesona dengan gambar henna pengantin berikut.

Woow! Lihatlah motif henna ini, simple dan elegan. Saya yakin kamu bisa membuat lukisan ini sendiri di tanganmu.


Henna Pengantin Muslim Simple


Bagi yang muslim, desain henna di tangan ini akan menambah keanggunan di hari bersejarahmu.

Lukisan henna di tangan berbentuk hati ini juga patut kamu coba. Dengan dikombinasikan dengan gaun pengantin yang warna biru…Wah cantik sekali!


Henna Tangan Pengantin


Henna memang selalu identik dengan pernikahan. Dan biasanya para wanita lebih suka melukis henna di tangan mereka.


Henna Kaki Pengantin


Kerenkan contoh henna pengantinnya…? Lain kesempatan akan saya bahas bagaimana caranya mengukir henna pengantin. So…tetap kunjungi blog ini ya 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.